Sumber Daya
Sumber daya konsumen
adalah segala sumber daya konsumen yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan
pembelian produk maupun jasa. Sumber daya konsumen ada 3 yaitu sumber daya
ekonomi, sumber daya sementara, sumber daya kognitif.
- Sumber Daya Ekonomi
2. Sumber Daya Sementara
Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami
perilaku konsumen. Karena konsumen mayoritas semakin mengalami kemiskinan akan
waktu. Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan
yang sangat pribadi yaitu waktu senggang. Sumber daya kognitif Produk yang
diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (time
goods).
- Barang yang menggunakan waktu seperti: Menonton TV, Tidur, Bermain, dll.
- Barang pengehemat waktu, seperti : rice cooker, oven microwave, mesin cuci, blender, dll.
3. Sumber Daya Kognitif
Kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia
dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada
kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata—skema tentang
bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya dalam tahapan-tahapan
perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan
informasi secara mental
Pengetahuan Konsumen
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki
konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang
terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen. Pengetahuan konsumen akan mempengaruhi keputusan
pembelian.
Pengetahuan konsumen terbagi dalam 3 macam:
1) Pengetahuan produk adalah kumpulan berbagai informasi
mengenai produk (produk, merek, terminologi
produk, atribut/fitur produk, harga produk, dan kepercayaan mengenai
produk). Pengetahuan produk dibagi menjadi 3:
- Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk
Pengetahuan konsumen terdiri dari informasi yang disimpan di
dalam ingatan. Pemasar khususnya tertarik untuk mengerti pengetahuan konsumen.
Informasi yang dipegang oleh konsumen mengenai produk akan sangat mempengaruhi
pola pembelian mereka.Di dalam Psikologi kognitif dijelaskan bahwa ada dua
jenis pengetahuan dasar, yaitu pengetahuan deklaratif dan pengetahuan
prosedural. Pengetahuan deklaratif melibatkan fakta subjektif yang sudah
diketahui. Pengetahuan deklaratif sendiri dibagi menjadi dua kategori, yaitu
pengetahuan episodik (melibatkan pengetahuan yang dibatasi dengan lintasan
waktu) dan pengetahuan semantik (mengandung pengetahuan yang digeneralisasikan
dan memberi arti bagi dunia seseorang). Sedangkan pengetahuan prosedural
mengacu pada pengertian bagaimana fakta ini dapat digunakan. Fakta ini juga
bersifat subjektif dalam pengertian fakta tersebut tidak perlu sesuai dengan
realitas objektif.
- Pengetahuan tentang manfaat produk
Konsumen akan merasakan 2 jenis manfaat setelah mengkonsumsi
suatu produk, yaitu manfaat fungsional (functional consequences) dan manfaat
psikososial (psychosocial consequences). Manfaat fungsional adalah manfaat yang
dirasakan konsumen secara fisiologis
- Pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk bagi konsumen
Setelah mengkonsumsi suatu produk, konsumen tidak hanya
merasakan manfaat positif, tapi juga manfaat negatif. Manfaat negatif inilah
yang disebut sebagai resiko. Konsumen seringkali merasakan manfaat negatif dari
suatu produk akibat dari persepsinya mengenai manfaat suatu produk. Hal ini
disebut sebagai persepsi risiko (perceived risk). Persepsi risiko terdiri atas: Risiko fungsi,
risiko keuangan, risiko fisik, risiko psikologis, risiko sosial, Risiko waktu,
dan risiko hilangnya kesempatan.
3) Pengetahuan pemakaian. Manfaat suatu produk dapat
dirasakan setelah suatu produk dikonsumsi. Agar mendapatkan manfaat yang yang
maksimal dan kepuasaan yang tinggi, maka produsen perlu mencantumkan saran
penggunanaan atau pemakaian suatu produk sehingga produk berfungsi dengan baik.
http://bamaandrew.wordpress.com/2013/11/23/vi-sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan/
http://planetkurikuri.wordpress.com/2011/04/30/bab-vi-pengetahuan-konsumen-consumer-knowledge/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar