Menurut Mulyadi (2001,
p299), pembelian adalah
suatu usaha yang dilakukan untuk pengadaan barang yang
diperlukan oleh perusahaan.
Jenis pembelian berdasarkan pemasok:
- Pembelian lokal adalah pembelian dari pemasok yang berasal dari dalam negeri
- Pembelian impor adalah pembelian dari pemasok yang berasal dari luar negeri.
Menurut Mulyadi
(2001, p299), fungsi
yang terkait dalam
sistem akuntansi pembelian adalah:
1. Fungsi gudang
Fungsi gudang bertanggung jawab untuk mengajukan permintaan
pembelian sesuai dengan posisi persediaan yang ada di gudang dan untuk
menyimpan barang yang telah diterima oleh fungsi penerimaan. Untuk barang-barang
yang langsung dipakai (tidak diselenggarakan persediaan barang di gudang),
permintaan pembelian diajukan oleh pemakai barang.
2. Fungsi pembelian
Fungsi pembelian bertanggungjawab untuk memperoleh informasi
mengenai harga barang, menentukan pemasok yang dipilih dalam pengadaan barang,
mendapatkan informasi mengenai permintaan pembelian dari gudang, dan
mengeluarkan order pembelian kepada pemasok yang dipilih.
3. Fungsi penerimaan
Fungsi penerimaan bertanggungjawab untuk melakukan
pemeriksaan terhadap jenis, mutu, dan kuantitas barang yang diterima pemasok
bertujuan untuk menentukan dapat atau tidaknya barang tersebut diterima oleh
perusahaan. Fungsi ini juga bertanggungjawab untuk menerima barang dari pembeli
yang berasal dari transaksi retur penjualan.
4. Fungsi akuntansi
Fungsi akuntansi yang
terkait dalam transaksi
pembelian adalah fungsi pencatat
hutang dan fungsi
pencatat persediaan. Fungsi pencatat hutang
bertanggungjawab untuk mencatat
transaksi pembelian ke dalam register bukti kas keluar dan untuk
menyelenggarakan arsip dokumen sumber (bukti kas keluar) yang berfungsi sebagai
catatan hutang atau menyelenggarakan kartu hutang sebagai buku
pembantu hutang. Fungsi
pencatat persediaan bertanggung
jawab untuk mencatat harga pokok persediaan barang yang dibeli ke dalam kartu
persediaan.
Menurut Mulyadi (2001, p301), jaringan prosedur dalam sistem pembelian adalah:
1. Prosedur
permintaan pembelian
Dalam prosedur ini,
fungsi gudang mengajukan
permintaan pembelian dalam formulir surat permintaan pembelian kepada
fungsi pembelian. Surat tersebut berisi sejumlah jenis barang-barang yang
akan dibeli dan
dibuat dalam beberapa
rangkap. Permintaan pembelian tersebut
akan dipenuhi tergantung dari keputusan manager perusahaan yang bersangkutan.
2. Prosedur
permintaan penawaran harga dan pemilihan pemasok
Dalam prosedur ini, fungsi pembelian mengirimkan surat
permintaan penawaran harga kepada para pemasok untuk memperoleh informasi
mengenai harga barang
dan berbagai syarat
pembelian yang lain untuk memungkinkan pemilihan pemasok
yang akan ditunjuk sebagai pemasok barang yang diperlukan oleh perusahaan.
3. Prosedur order
pembelian
Dalam prosedur ini,
fungsi pembelian mengirim
surat order pembelian kepada
pemasok yang dipilih dan memberitahukan kepada unit-unit organisasi lain dalam
perusahaan mengenai order pembelian yang telah dikeluarkan oleh perusahaan.
4. Prosedur
penerimaan barang
Dalam prosedur ini,
fungsi penerimaan barang
melakukan pemeriksaan
mengenai jenis, kuantitas,
dan mutu barang
yang diterima dari pemasok dan kemudian membuat laporan penerimaan
barang untuk menyatakan penerimaan barang dari pemasok tersebut.
5. Prosedur
pencatatan hutang
Dalam prosedur ini, fungsi akuntansi memeriksa
dokumen-dokumen yang berhubungan dengan pembelian (surat order pembelian,
laporan penerimaan barang, dan faktur dari pemasok) dan menyelenggarakan
pencatatan hutang atau
mengarsipkan dokumen sumber
sebagai catatan hutang.
6. Prosedur
distribusi pembelian
Prosedur ini meliputi distribusi rekening yang didebit dari
transaksi pembelian untuk kepentingan pembuatan laporan manajemen.
http://informasilive.blogspot.com/2013/03/pengertian-pembelian_3007.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar